Minggu, 21 Februari 2010

PENGOLAHAN LIDAH BUAYA

A. Minuman dan Makanan
Berbagai macam produk olahan dapat dibuat dari daun lidah buaya dengan berbagai macam cara pengolahan. Berikut ini adalah cara pengolahan daun lidah buaya menjadi minuman segar.
Cara membuatnya :
Pelepah hasil panen disortir kemudian dibersihkan dari kotoran dengan cara dilap dengan kain kering. Setelah itu daun lidah buaya dikupas kulitnya, hati-hati jangan sampai kulit yang berwarna hijau tertinggal tidak terkupas. Kemudian dibuat potongan menyerupai dadu dengan panjang sisi-sisinya 2 cm. Potongan lidah buaya tersebut kemudian diberi garam dan diaduk sampai lendirnya keluar. Bersihkan lendir yang keluar dengan cara mencucinya dengan air bersih, lakukan pencucian 2 – 3 kali. Setelah lidah buaya bersih, kemudian dilakukan perebusan pada air 800C selama 10 menit, kemudian tiriskan.

Pembuatan sirup dapat dilakukan bersamaan dengan kegiatan lain, sirup dibuat dengan merebus air bersih sampai mendidih, setelah mendidih kemudian dinginkan. Setelah air dingin tambahkan gula pasir sebanyak 700 gram per liter air, asam sitrat 0,5 gram per liter air dan aroma rasa 0,2 cc per liter air (untuk aroma isa mengunakan daun pandan). Campurkan potongan daun lidah buaya tadi ke dalam sirup kemudian tambahkan es batu secukupnya dan minuman siap disantap, rasanya enak dan segar. Dapat pula minuman ini dikemas dalam kantong plastik atau gelas plastik.
Di samping jadi miniman segar, daun lidah buaya juga dapat diolah menjadi cendol, selai, jeli, dodol, serbat, dan teh lidah buaya.

B. Ramuan untuk Obat

1. Penyubur Rambut
Cuci lidah buaya hingga bersih kemudian belah dan ambil lendirnya. Gosokkan lendir lidah buaya tadi secara merata pada kulit kepala sambil dipijit-pijit. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu cuci rambut dengan menggunakan shampo sampai bersih. Ulangi cara ini seminggu tiga kali, niscaya rambut akan tumbuh subur dan sehat.

2. Luka bakar
Daun lidah buaya dicuci lalu dikupas, ambil bagian dalamnya. Kemudian tempelkan di bagian tubuh yang sakit.

1. Luka Tersayat
Cuci lidah buaya hingga bersih kemudian belah dan ambil lendirnya kemudian campur dengan bawang putih yang ditumbuk. Tempelkan di bagian tubuh yang luka.

2. Wasir
Daun lidah buaya sebanyak ½ pelepah dibersihkan dari durinya, cuci sampai bersih kemudian lembutkan dengan cara memarutnya. Tambahkan 50 cc air matang dan 2 sendok makan madu kemudian aduk sampai rata lalu saring campuran tersebut. Minum ramuan ini sehari 3 kali.

3. Obat Batuk
Kupas 20 gram lidah buaya lalu potong-potong, tambahkan madu sebanyak 40 cc. Minum ramuan tersebut dua kali sehari, pagi dan sore hari.

4. Obat Penurun Kadar Kolesterol
Bersihkan 30 gram lidah buaya dan 3 buah mengkudu yang matang. Kupas bahan tersebut kemudian dijus dengan menambahkan air secukupnya lalu rebus sampai mendidih. Minum ramuan tersebut selagi hangat dua kali sehari, pagi dan sore.

5. Kencing manis
Cuci pelepah lidah buaya hingga bersih kemudian bersihkan durinya. Potong-potong lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1½ gelas. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari setelah makan, masing-masing ½ gelas.

6. Obat Asma
Cuci 300 gram daun lidah buaya kemudian diparut, diperas dan disaring. Hasil saringan tersebut langsung diminum dua kali sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar